Memahami Jenis Kanker Prostat Tingkat Lanjut

Kanker prostat tingkat lanjut sering bermetastasis ke tulang. Tingkat kelangsungan hidup kanker prostat metastatik ketika kanker menyebar ke tulang sangat rendah. Namun, prognosisnya masih sedikit lebih baik dibandingkan dengan metastasis hati.

Ketika seseorang didiagnosis terlambat dengan kanker prostat, ada kemungkinan 60 persen bahwa kanker akan menyebar ke tulang. Ketika kanker telah menyebar ke tulang, perawatan akan menjadi lebih kompleks. Akibatnya, tingkat kelangsungan hidup metastasis untuk metastasis tulang bisa kurang dari 40%. Sebagian besar pasien metastasis tulang hanya dapat bertahan hidup sekitar 19 hingga 21 bulan setelah diagnosis.

Karena kanker prostat adalah kanker yang tumbuh lambat, banyak pasien tidak benar-benar memperhatikan gejalanya. Faktanya, lebih dari 50% pasien didiagnosis menderita kanker prostat ketika telah menyebar ke tulang. Dalam hal ini, untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup kanker prostat metastatik dan juga untuk memastikan pengobatan yang efektif, dokter umum harus dapat mengenali apakah kanker tersebut berasal dari tulang atau merupakan metastasis kanker dari lokasi lain.

Gejala-gejalanya adalah buang air kecil yang menyakitkan, darah dalam urin dan aliran urin yang terganggu. Namun, jika kanker telah menyebar ke tulang, pasien akan mengalami gejala tambahan yang tidak terkait dengan gejala awal. Dalam kasus kanker prostat metastasis tulang, gejalanya meliputi rasa sakit di daerah yang terkena, tulang yang lebih lemah, patah tulang mendadak dan juga kelumpuhan. Tulang rusuk, tulang belakang dan pinggul biasanya merupakan lokasi yang terkena kanker. Namun, bukan tidak mungkin kanker itu juga muncul di tulang lain.

Diagnosis dan Perawatan

Metastasis tulang bisa sangat sulit didiagnosis karena gejalanya mirip dengan artritis. Namun, ketika seorang pasien kanker prostat merasakan beberapa gejala di daerah tulang, yang terbaik adalah segera memeriksanya karena ada kemungkinan besar bahwa rasa sakit adalah tanda metastasis tulang.

Pemindaian tulang adalah salah satu metode yang paling efektif untuk mendiagnosis metastasis tulang. Metode ini menggunakan pelacak radioaktif yang disuntikkan secara intravena ke pembuluh darah pasien. Jika gejalanya disebabkan oleh kanker, area tersebut akan tampak gelap di dalam kamera.

Ketika kanker telah menyebar ke tulang, rencana perawatan harus disesuaikan. Terapi hormon mungkin bukan pilihan terbaik karena diketahui melemahkan tulang. Selain radioterapi, Bifosfonat sering digunakan sebagai pengobatan tambahan untuk memperkuat tulang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>